Langsung ke konten utama

Tips Konsep Rumah Ala Minimalis Kekinian

Bagi pembeli first time buyer, saat mencari rumah biasanya mereka tidak hanya mengutamakan bangunan saja. Ada banyak pertimbangan psikologis yang melatarbelakangi pemilihan rumah yang tepat untuknya dan keluarga.

Selain dari segi lokasi dan spesifikasi bangunan, kini masyarakat juga mulai peka ketika memilih konsep dan desain perumahan yang ditawarkan pengembang.

Oleh karenanya, cermat membaca kebutuhan pasar adalah kunci utama yang harus dimiliki pengembang sebelum membangun sebuah proyek hunian. Rumah tapak yang dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial tentu akan lebih menarik perhatian konsumen.

Untuk mewujudkan perumahan yang konseptual dan menarik, developer tak harus menghabiskan anggaran untuk mempekerjakan arsitektur atau interior desainer andal.

Berbekal ide dan perhitungan yang matang, pengembang juga bisa membuat proyeknya menjadi lebih menarik dan punya nilai tambah (added value). Simak beberapa konsep hunian tapak yang bisa dicontek developer pemula.


1. Ramah lingkungan

Tempat tinggal yang asri nan hijau tentu menjadi tipikal hunian impian semua orang. Tidak heran jika banyak pengembang yang memilih konsep eco-green terpampang di brosur perumahannya.

Sebenarnya konsep ramah lingkungan ini tidak sebatas penanaman pohon dan taman di areal perumahan. Anda bisa memilih material bangunan yang bersertifikat eco friendly, desain rumah yang mengutamakan cahaya dan aliran udara secara alami, sampai dengan daur ulang limbah dan air hujan menjadi layak dikonsumsi kembali.


2. Berbasis teknologi

Perumahan yang diinstal dengan perangkat pintar atau smarthome semakin banyak diminati pasar. Sayangnya, biaya perangkat teknologi yang cukup mahal membuat orang enggan memilikinya. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh pengembang untuk menarik target konsumennya.

Perangkat teknologi yang paling populer dipasang pada perumahan adalah kamera CCTV, sambungan internet WiFi dan pintu gerbang otomatis.

Sementara beberapa perumahan berskala menengah ke atas ada yang menerapkan perangkat rumah pintar (smarthome) yang bisa dioperasikan langsung dari gawai pemilik rumah.


3. Arsitektur bergaya Eropa klasik

Beralih ke konsep arsitektur, gaya klasik abad pertengahan Eropa ternyata cukup banyak mendapat penggemar di hati pencari rumah. Pasalnya, gaya tersebut identik dengan kesan mewah dan timeless.

Dengan pilar besar dan detil ukiran di bagian fasadnya, sejumlah pengembang bahkan ‘nekat’ merealisasikan konsep bangunan klasik di perumahan mungilnya.


4. Fasilitas olahraga

Gaya hidup masyarakat urban yang aktif dan sibuk terkadang membuat mereka melupakan kewajiban berolahraga. Untuk itu, konsep perumahan yang menawarkan fasilitas olahraga cukup banyak diminati oleh pasar.

Umumnya pengembang menyediakan jogging track dan taman di lingkup perumahannya. Ada pula yang lebih serius menyisihkan lahan untuk membangun kolam renang, lapangan basket atau clubhouse.


5. Konsep agamis

Belakangan ini perumahan berkonsep agamis cukup populer dipasarkan pengembang lokal. Sebagai contoh, perumahan syariah yang mengutamakan syariat Islam dalam metode transaksi kepemilikan rumah.

Terdapat beberapa gagasan yang diterapkan dalam metode ini seperti tanpa riba, tanpa sita, tanpa denda, serta tanpa akad yang bermasalah dan tanpa bank.

Namun ada pula perumahan syariah yang menerapkan konsep Islami dalam desain arsitekturnya. Sebagai contoh; jika rumah pada umumnya hanya memiliki satu akses pintu, berbeda dengan perumahan Royal Sakinah yang memiliki akses pintu berjumlah dua. Alasannya sebagai wujud ranah privasi bagi penghuni khususnya perempuan.

Berkembangnya konsep-konsep hunian yang sangat pesat, kompetitif, dan unik di Indonesia menjadi salah satu alasan PropertyGuru kembali meluncurkan PropertyGuru Indonesia Property Award 2018. Lebih dari 35 kategori dan penghargaan khusus dipertaruhkan dalam perayaan tahunan PropertyGuru Indonesia Property Awards, yang akan berlangsung pada 20 September 2018. Penghargaan ini diberikan untuk real estat yang mampu menaikkan tolok ukur di tanah air dari Bali hingga Jakarta.

Dipersembahkan oleh Kohler dan didukung oleh portal resmi Rumah.com, situs web properti terkemuka di Indonesia, pada penghargaan tahun ini terdapat penambahan kategori baru untuk menghargai inovasi di segmen niche, termasuk Pengembangan Kota Mandiri Terbaik (Best Township Development), Pengembangan Pusat Gaya Hidup Terbaik (Best Lifestyle Centre Development), dan Pengembangan Kawasan Industri Terbaik (Best Industrial Development).

Seiring dengan kategori tradisional untuk pembangunan kondominium dan perumahan di Jakarta, Bali, Lombok, dan Kawasan Metropolitan Indonesia, program ini juga memiliki beberapa penghargaan untuk proyek perkantoran, ritel, hotel, dan mixed-use

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menanamkan Rasa Peduli Pada Anak Sejak Dini

Mengajarkan rasa peduli dan empati pada anak, di zaman seperti sekarang ini memang susah. Apalagi anda tidak mengajarkan sejak dini. Pengaruh lingkungan, teman dan lainnya bisa mengubah anak menjadi seseorang yang tidak peduli dengan orang lain. Sebagai orang tua, pasti ingin memiliki anak yang peduli dengan orang lain. Empati dengan apa yang terjadi disekelilingnya. Oleh karena itu mengajarkan rasa peduli dan empati pada anak sejak dini sangatlah penting. Sebagai bekal hidupnya pada saat dewasa. Inilah tips parenting untuk menanamkan rasa peduli pada anak sejak usia dini. 

Berikan Contoh Rasa Peduli Pada Anak 
Orang tua menjadi panutan bagi anak-anak. Dia akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika orang tua tidak peduli dengan orang lain, kasar dan tidak sopan, anak cenderung menirunya. Oleh karena itu anda harus mengajarkan rasa peduli pada anak dengan mencontohkannya langsung. Misalnya di tempat umum, ada orang tua yang butuh bantuan diberi pertolongan. Mengajarkan s…

Disini Barang Peninggalan Tokoh Emansipasi Wanita Raden Ajeng Kartini Diperlihatkan

Raden Ajeng Kartini menjadi salah satu pahlawan wanita Indonesia yang dikenal oleh penduduk Indonesia. Pahlawan yang mencetuskan emansipasi perempuan di Tanah Air ini begitu istimewa hingga dibuat satu hari yang diperingati sebagai Hari Kartini, setiap 21 April.
Sebagai seorang pahlawan, RA Kartini memiliki beberapa benda peninggalan yang diwariskan pada keturunannya. Bagi Anda yang tertarik mengenal RA Kartini lewat benda-benda peninggalannya yang bersejarah tersebut, bisa mengunjungi sebuah museum yang diberi nama Museum Kartini.
Museum yang masih berada di daerah kelahiran RA Kartini, yaitu Jepara, ternyata juga menyimpan benda-benda peninggalan kakak laki-laki Kartini, yang bernama R. M. P Sosrokartono. Museum yang didirikan di atas sebidang lahan seluas 5.210 meter dan telah dibangun sejak Jepara berada pada masa kepemimpinan Bupati Suwarno Djojo Marwodo, tepatnya 30 Maret 1975.
Anda yang belum pernah mengunjungi Museum Kartini pasti penasaran dengan isi bangunan yang menyimpan …

Berapa Banyak Air yang Kita Minum Saat Dehidrasi ? Lihat Tipsnya

Ahli gizi Helen Bond mengatakan, hidrasi sangat penting untuk kesehatan kita. "Otak kita terdiri dari sekitar 75% air, sehingga air minum sangat penting untuk fungsi otak yang sehat, dan kesehatan fisik dan mental yang baik," kata Helen.
Lebih lanjut ia mengatakan, dehidrasi dapat memengaruhi kinerja kognitif dan fungsi motorik, atau dalam istilah sederhana, dapat menyebabkan kelelahan dan kesal pada suasana hati kita. Selain itu, dehidrasi juga mempengaruhi ingatan jangka pendek dan jangka panjang.
Oleh karena itu untuk meningkatkan suasana hati, jagalah diri Anda terhidrasi dengan minum 1,6-2 liter cairan setiap hari, bahkan lebih lagi jika Anda aktif atau dalam cuaca panas.
Minum banyak air juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, Helen menambahkan. Sebab, air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum setengah liter air meningkatkan metabolisme 24-30 persen hingga 1,5 jam.
Mengingat bahw…